Cara Ekspor Kopi ke Luar Negeri

Cara Ekspor Kopi ke Luar Negeri

Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat membaca artikel-artikel berikut untuk mengetahui peluang importir kopi yang tersedia di beberapa negara:

Importir Kopi di Jerman Importir Kopi di Amerika Serikat Baca Juga: Peluang Ekspor Kemiri Indonesia ke Pasar Global untuk Bahan Baku Produk Kesehatan dan Kecantikan Dicari

Melakukan Penyortiran dan Pengemasan Produk Kopi: Cara berikutnya untuk mengekspor kopi adalah menyortir dan mengemasnya. Ini dilakukan terlebih dahulu agar kopi dapat bertahan lama dan memiliki rasa dan aroma yang tidak berubah saat tiba di tujuan. Pastikan bahwa produk kopi telah dikemas dengan benar agar kualitasnya tetap terjaga selama transit.

Biasanya, pengemasan tersebut masih membutuhkan perlindungan tambahan seperti pelapis untuk mencegah kontaminasi eksternal dan menjaga kualitas selama pengiriman. Setelah dikemas, kantong kopi dimasukkan ke dalam kontainer pengiriman.

Untuk jenis kopi berikut, Sahabat Wirausaha dapat mengikuti beberapa saran untuk pengemasan produk kopi:

a. Biji Kopi Hijau—juga dikenal sebagai biji kopi hijau—Rekomendasi kemasan:

Kantong goni atau karung tradisional Kemasan ini dapat menampung sekitar 60 kg produk kopi.
Tas Grainpro: Kemasan ini https://www.cafesympatico.com/ dapat digunakan sebagai lapisan dalam pada kantong goni atau kantong plastik PP (polypropylene). Tas ini dapat melindungi produk kopi dari hama dan kelembapan.
Kantong vakum tertutup. Kemasan ini dapat melindungi biji kopi hijau dari oksidasi dan kelembapan dalam jumlah yang lebih kecil.

b. Biji Kopi Sangrai—juga dikenal sebagai biji kopi goreng—Rekomendasi kemasan:

Kantong foil yang dilengkapi dengan katup satu arah. Selain melepaskan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh biji yang baru dipanggang, kemasan ini mencegah masuknya oksigen.
Kantong berlapis polietilena/PE Kemasan ini membuat kopi bertahan lama dan melindunginya dari cahaya, oksigen, dan kelembapan.
Kantong kertas dengan ikatan timah: Kantong ini biasanya digunakan untuk penjualan eceran dan memiliki ikatan timah untuk disegel kembali.

c. Rekomendasi untuk kemasan kopi bubuk (ground coffee):

Kantong foil yang dilengkapi dengan katup satu arah. Kemasan ini, seperti biji kopi sangrai, melindungi kopi bubuk dari oksigen dan kelembapan.
Kantong vakum tertutup. Dengan mengeluarkan udara dari dalam kemasan, kemasan ini sangat bagus untuk menjaga kesegaran produk kopi.
Kaleng komposit Kemasan kaleng ini sering digunakan untuk melindungi kopi premium.

d. Kopi instan Rekomendasi untuk Packing:

Toples Kaca: Ini adalah kemasan umum untuk kopi instan premium.
Kaleng Komposit: Kemasan ini dapat melindungi kopi yang sangat baik dari air dan cahaya.
Aluminium Foil Sachet: Kemasan ini biasanya digunakan untuk porsi satu saji dan melindungi kopi dari udara dan kelembapan.