Menghitung dan Mengatur Modal Awal

Menghitung dan Mengatur Modal Awal

Setelah menentukan ide, lokasi, pangsa pasar, pemasok bahan baku, dan kebutuhan tenaga kerja, bapak/ibu harus menghitung dan mempersiapkan modal. Jangan melakukan penghitungan modal secara asal-usul dan melebihi perkiraan pendapatan agar bapak/ibu dapat menghasilkan keuntungan.

Biaya-biaya adalah komponen yang harus dimasukkan dalam penghitungan modal:

Bahan baku makanan Perlengkapan memasak Sewa tempat Pengurusan izin Gaji pegawai Biaya pemasaran Tips dan Cara Mengelola Bisnis Restoran

Mengawasi sumber daya manusia dengan konsisten dan efisien

Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang konsisten dan efektif adalah kunci sukses restoran. Artinya, sebagai pemilik restoran, bapak atau ibu harus memastikan bahwa semua karyawan memahami dan mengetahui cara melakukan tugas-tugas mereka masing-masing. Dengan memberikan pelatihan dalam membuat makanan, melayani pelanggan, dan menjaga kebersihan, bapak/ibu dapat mencapai hal ini.

Melakukan Perubahan Terus Menerus

Bapak/Ibu harus terus mengembangkan menu makanan, baik dengan memperbaiki rasa dari menu yang sudah ada atau dengan https://www.buffet-pa.com/ menambahkan menu baru yang sedang populer. Hal ini disebabkan fakta bahwa orang pergi ke restoran tidak hanya untuk makan, tetapi juga untuk mencoba menu baru yang mungkin belum pernah mereka coba sebelumnya. Akibatnya, pengunjung akan selalu datang ke restoran Bapak/Ibu karena mereka tertarik dengan menunya.

Marketing dan Promosi

Jika Anda tidak memiliki cukup dana, pemasaran dan promosi dapat dilakukan dengan sedikit biaya dengan menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Ini karena kebanyakan orang tidak akan mau makan di restoran mana pun tanpa rekomendasi baik dari kerabat atau orang yang dapat dipercaya.

Untuk mencapai tujuan dari strategi pemasaran dari mulut ke mulut ini, bapak dan ibu dapat memberi pelanggan mereka pengalaman yang sangat berharga sampai mereka menjadi buah bibir dari satu pelanggan ke pelanggan lain. Setelah itu, lakukan survei dengan menanyakan kepada setiap pelanggan baru bagaimana mereka menemukan restoran mereka. Untuk mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran saat ini, baca semua informasi.

Bapak/Ibu dapat memutuskan untuk meningkatkan promosi atau menggantinya dengan cara lain. Jika kurang efektif, Bapak/Ibu dapat mencoba memberikan diskon atau promosi yang menarik untuk pelanggan.

Mengontrol Harga Makanan dan Biaya Operasional Restoran

Harga makanan dan biaya operasional restoran harus selalu ditinjau untuk melihat bagaimana manajemen mengelola pengeluaran dan pendapatan. Untuk menentukan harga untuk setiap menu, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan modal awal, persiapan, dan tingkat kerumitan menu tersebut. Pastikan untuk melakukan tinjauan harga makanan dan pendapatan setiap hari, minggu, dan bulan.